DAFTAR TANGGAL PENTING DI BULAN JUNI HARI LAHIR PANCASILA

Juni merupakan bulan pertengahan dalam suatu tahun. Mempunyai banyak momen, tanggal penting dan peristiwa penting dibaliknya. Penting untuk anda semua mengetahui apa saja daftar tanggal penting di bulan ini.
tanggal penting juni

Tidak ada salahnya jika anda menyimak dan mengetahui apa saja tanggal penting selama bulan Juni ini, langsung saja berikut merupakan penjabarannya mulai dari tanggal 1 Juni, hari lahir Pancasila.

Tanggal 1 Juni: Hari Lahir Pancasila

Sejarahnya adalah ketika itu pada Tanggal 29 Bulan April Tahun 1945 dibentuk sebuah Badan Penyidik Usaha  Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) lalu diadakan Rapat untuk membangun Sebuah Dasar Negara Untuk Indonesia,  dan Lahir – Pancasila yang di Gaungkan oleh Presiden Soekarno, Dalam Rapat itu pada tanggal 01 Juni 1945, Kalian pasti sudah tahu kan bagaimana Isi dari Text Pancasila?

Baca juga: Tanggal Penting bulan Februari

Tanggal  22 Juni: Hari Ulang Tahun Kota Jakarta

Hari Jadi Jakarta, merupakan penetapan yang dikeluarkan oleh Sudiro, Walikota Jakarta Periode Pimpinan 1953-1958, begini sejarah singkatnya.

Pada zaman Kolonial Belanda, Jakarta yang dulu bernama Batavia diperingati Hari Jadinya tiap akhir Mei dengan Dasarnya adalah Penakulukan Jayakarta pada tahun 1869, saat itu Walikota Sudiro sadar harus memberikan Perayaan yang berbeda, maka dari itu Sudiro Mengundang Sejumlah Ahli sejarah seperti, Mohammad Yamin dan Mr.Dr . Sukanto juga Wartawan Senior Sudarjo Tjokrosiswoy untuk melakukan penelitian kapan Jakarta di didirkan oleh Fathahilah.

Penelitian itu berhasil menemukan bahwa Fathahilah mendirikan Jakarta pada tanggal 22 Juni Tahun 1527, sumber penelitian itu berasal dari naskah berjudul dari Jayakarta ke Jakarta.

Naskah itu langsung diberikan Sudiro kepada Dewan Perwakilan Kota untuk dibahas, dan kemudian ditetapkan bahwa 22 Juni 1527 menjadi Hari dimana Kota Jakarta berdiri.

Sudiro kemudian mengajukan Usul  untuk memperingati 22 Juni 1527 sebagai hari jadi Jakarta pada sidang Pleno , usulnya diterima dengan suara bulat.

Baca juga: Tanggal Penting Bulan Maret

Tanggal  24 Juni: Hari Bidan Nasional

Hari Bidan Nasional Berawal dari konferensi Bidan Pertama yang bertempat di Jakarta Pada tanggal 24 Juni 1951 atas usul dari pada Bidan Senior yang berdomisili di Jakarta.

Bidan, merupakan Pahlawan yang mengabdikan dirinya untuk membantu ibu-ibu melahirkan dengan selamat, perjuanganya yang siap sedia menjaga dan menemani para ibu yang sedang dalam proses melahirkan, patut di apresiasi,

Baca juga: Tanggal Penting Bulan Mei 

Tanggal 8 Juni: Hari Laut Sedunia

Hari Laut Sedunia atau World Ocean Day, adalah perayaan tahunan yang selalu di peringati di berbagai belahan Dunia, termasuk Indonesia juga didalamnya. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Indonesia merupakan Negara Maritim yang memiliki Luas Laut 96.079.15 Km persegi.

Jika ditilik dari Sejarahnya, Perayaan World Ocean Day ini di lakukan pertama kali di Rio De Janeiro Brasil pada Tanggal 08 Bulan Juni tahun 1992. Lalu, pada tahun 2008 PBB mengesahkan Peringatan untuk Perayaan Tahunan Hari Laut Sedunia. Perayaan ini untuk memberika Dedikasi dan penghargaan kepada Laut dimana telah menyediakan bahan makanan dan keindahan laut didalamnya.

Menjadi hal yang menarik yah, jika kita mengetahui banyak hal, apalagi mengetahui Sejarah dari Indonesia, dan mengetahui Tanggal Penting Sepanjang Bulan Juni ini, selain beberapa Tanggal penting diatas, masih banyak Lagi loh Tanggal Penting Sepanjang Bulan Juni ini, kalian bisa melihatnya dibawah ini :


  • Tanggal  1 Juni: Hari Perlindungan Anak-anak Sedunia
  • Tanggal  1 Juni: Hari Susu Nusantara
  • Tanggal  3 Juni: Hari Pasar Modal Indonesia
  • Tanggal 5 Juni: Hari Lingkungan Hidup Sedunia
  • Tanggal 10 Juni: Hari Media Sosial
  • Tanggal 15 Juni: Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN
  • Tanggal 17 Juni: Hari Dermaga
  • Tanggal  21 Juni: Hari Krida Pertanian
  • Tanggal  26 Juni: Hari Anti Narkoba
  • Tanggal  29 Juni: Hari Keluarga Berencana


Semoga artikel ini bermanfaat yah! Jangan lupa untuk share artikel ini!

Baca juga: Daftar Hari Libur Sepanjang 2019