HARI DAN TANGGAL PENTING DI BULAN MEI

Hari dan tanggal penting tentu akan selalu ada dalam setiap bulan, tak luput juga dengan bulan Mei, banyak sekali peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi dalam kurun bulan mei. Saya akan mengajak anda para pembaca untuk mengingat atau kilas balik peristiwa penting yang terjadi pada bulan mei ini.

event bulan mei

Seperti halnya sejarah yang terukir Negeri ini, beberapa moment akan selalu di ingat dan dijadikan Hari spesial atau penting, dan bulan Mei ini, banyak sekali sejarah yang terukir, untuk mengingatnya berikut dibawah ini adalah Tanggal Penting Sepanjang Bulan Mei.

Baca juga: Tanggal Penting di Bulan Februari Bulan Kasih Sayang


Tanggal 1 Mei: Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat


Tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia Merdeka, dan meminta semua Wilayah Hindia Belanda termasuk juga Wilayah Barat Papua, namun dari Pihak Belanda Menolak dan Menggangap bahwa Wilayah itu masih menjadi Salah satu Provinsi Kerajaan Belanda, demi menolak direbutnya Papua Barat, Belanda Kemudian menyiapkan Kemerdekaan Papua selambatnya pada tahun 1970, Namun Indonesia kemudian Menentang dan memperebutkanya dengan Belanda. Pada tahun 1963 Tanggal 01 Mei, Papua Barat akhirnya bergabung Dengan Indonesia, dengan banyaknya usaha dari Mulai Perjanjian New Yor melalui United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA) dan di selenggarakannya PEPER (Penentuan Pendapat Rakyat) 


Tanggal 1 Mei: Hari Buruh Sedunia


Hari Buruh Dunia, di rayakan setiap Tanggal 01 Mei dan biaya dikenal dengan MAY DAY, Hari buruh ini lahir dari perjuangan Pekerja untuk mendapatkan Hak-hak nya, dimana pada saat itu para pekerja tidak mendapatkan upah yang layak, buruknya kondisi kerja dan waktu kerja yang terlalu lama.

Dalam sejarah, ada dua orang yang dikenal telah menyumbangkan Gagasan untuk menghormati para pekerja, yaitu Peter McGuire dan Mattehw Maguire

Baca juga: Memperingati Tanggal Hari Guru Nasional


Tanggal  2 Mei: Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)


HARDIKNAS selalu diperingati pada tanggal 02 Mei, dimana tanggal itu bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ki Hadjar Dewantara, Seorang Pahlawan yang sangat dihormati sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Beliau adalah Pahlawan yang sangat berani, beliau menentang Pemerintahan Hindia Belanda saat itu, dimana Pemerintah Hindia Belanda hanya memperbolehkan anak-anak Kelahiran Belanda dan Orang Kaya saja yang mengenyam bangku pendidikan.


Tanggal  10 Mei: Hari Lupus Sedunia


Tanggal 10 Mei menjadi Hari Kesadaran Lupus, dimana Lupus ini adalah Penyakit Autoimun Kronis yang merupakan kelainan pada system imun tubuh. Penyakit ini membuat Sistem imun tubuh kita tidak dapat membedakan mana benda asing yang harus dibuat dan mana yang jaringan tubuh kita sendiri.

Penyakit LUPUS membuat System imun kita menyerang jaringan Tubuh dan akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh seperti Paru-Paru, Darah, Kulit, Ginjal dan yang lebih parah juga akan menyerang Otak juga Jantung.

Nah sekarang sudah banyak tahu kan? Banyak sekali sejarah yang terekam di bulan Mei ini, semoga bisa menjadi Pengingat kita untuk tetap berusaha menjadi Pribadi yang lebih baik lagi, selain Tanggal Penting Sepanjang Bulan Mei yang saya tuliskan di atas, masih ada lagi Tanggal Penting Sepanjang Bulan Mei lainya, anda bisa melihatnya disini.

  • Tanggal 5 Mei: Hari Lembaga Sosial Desa (LSD)
  • Tanggal  10 Mei: Hari Lupus Sedunia
  • Tanggal 11 Mei: Hari POM - TNI
  • Tanggal 15 Mei: Hari Korps Resimen Mahadjaya/ Jayakarta (Menwa Jayakarta),
  • Tanggal 16 Mei: Hari Wanadri
  • Tanggal 17 Mei: Hari Buku Nasional
  • Tanggal 19 Mei: Hari Korps Cacat Veteran Indonesia
  • Tanggal 20 Mei: Hari Kebangkitan Nasional
  • Tanggal 21 Mei: Hari Peringatan Reformasi
  • Tanggal 23 Mei: Hari Penyu Sedunia
  • Tanggal 29 Mei: Hari Keluarga
  • Tanggal 31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Baca juga: Tokoh Batik Nasional untuk Memperingati Hari Batik

Semakin banyak tahu, semakin banyak kita mempunyai ilmu, share artikel ini kalau menurut kamu menarik dan bermanfaat!