BAGAIMANA CARA MENJUMLAHKAN ANGKA DI EXCEL DENGAN MUDAH TANPA RIBET

Fungsi atau rumus SUM merupakan salah satu dari sekian banyak fungsi yang disediakan oleh Microsoft Excel. Pada dasarnya fungsi ini berguna untuk menjumlahkan nilai dari angka dalam suatu range cell tertentu.
rumus penjumlahan di excel

Fungsi ini sering kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dalam dunia kerja maupun dunia akademik.

Dalam dunia kerja misalnya, saat anda ingin membuat laporan keuangan perusahaan dalam periode waktu tertentu maka anda akan dengan sangat mudah untuk menghitungnya dalam sekejap dengan fungsi SUM.

Sedangkan dalam dunia akademik, misal dosen atau guru anda memberikan tugas untuk menghitung pendapatan negara Indonesia selama 50 tahun terakhir, tentunya anda tidak akan menghitungnya dengan cara manual menggunakan kalkulator, cukup membuat data di excel dan jumlah dengan fungsi SUM maka dalam hitungan detik hasinya akan didapatkan.

Baca juga: Penjelasan Fungsi Subtotal di Excel


Cara Menggunakan Fungsi SUM


1. Pertama siapkan data excel, contoh yang saya gunakan adalah data Pendapatan Negara dan Hibah yang bersumber dari Bank Indonesia

2. Cukup arahkan kursor pada cell B15 tempat kita ingin memunculkan hasil penjumlahan, dan ketikan =SUM(B4:B14)


3. Klik enter, maka data jumlah total pendapatan negara dan hibah dalam 10 tahun (1990-2000) sudah anda dapatkan dalam hitungan detik.


Baca juga: Mengubah Menjadi Huruf Kapital Semua dengan Rumus UPPER

Mudah bukan? mudah sekali harusnya, cukup sekali praktek maka akan langsung paham.

Kenapa mudah paham? karena blog ini memberikan tutorial tanpa bertele-tele dan langsung ke poinnya.

Jadi ayo ajak teman anda, saudara anda untuk membaca disini dengan membagikan tutorial ini agar lebih banyak yang terbantu. Terimakasih