HARI DAN TANGGAL PENTING SELAMA BULAN MARET

Kembali kita akan membahas tentang Tanggal-tanggal dan Hari penting pada setiap bulan dalam satu tahun, dan kali ini kita akan membahas tentang Tanggal Penting Sepanjang Bulan Maret Dan Akan Saya berikan sejarah singkatnya, Jadi siap – siap untuk membaca dengan baik !

Tanggal Penting Sepanjang Bulan Maret Dan Sejarah Singkatnya!

Tanggal 1 Maret : Hari  Serangan Umum 1 Maret 1949


Yogyakarta Pada tangga 01  Maret 1949 bergejolak, dengan dilakukannya penyerangan besar-besaran oleh para Jajaran Tinggi Militir dari Wilayah Divis III/GM III  juga Para Pimpinan Daerah setempat, penyerangan ini berdasarkan Instruksi dari Pangglima Divisi III Kol.

Bambang Sugeng, demi membuktikan bahwa Tentara Indonesia masih Ada untuk Republik Indonesia dan masih Cukup Kuat, Hal ini juga dilakukan untuk mematahkan moral dan semangat Tentara Belanda, Dalam Pasukan ini hadir juga Soeharto sebagai Komandan Brigade X/Wehreis III yang bertugas menjadi Pelaksana Lapangan di Wilayah Yogyakarta.


Tanggal 06 Maret : Hari Komando Strategis Angaktan Darat (KOSTRAD)


Tahun 1961 Bulan Maret Tanggal 06 Cikal Bakal Tebentuknya KOSTRAD dimulai, yang pada saat itu Bernama  Korps Tentara Ke-1 / Cadangan Umum Angkatan Darat (KORRA I / CADUAD), pembentukan ini berdasarkan Surat Keputusan Men/pangad No. ML/KPTS 54/3/1961.

Pada Awal pembentukanya, KOSTRAD sudah banyak membantu menguatkan dan menjadi Inti dari Kekuatan Komando Mandala, Operasi Trikora atau Pembebasan Irian Barat menjadi Agenda Pertama dari Pembentukan KORRA I / CADUAD, Pada Thun 1963 KORRA I / CADUAD berganti nama menjadi KOSTRAD.

Info Tambahan, Mayor Jenderal Soeharto adalah yang pertama menjabat Sebagai Pangglima KOSTRAD, yang kemudian diteruskan Oleh Prabowo Subianto pada tanggal 01 April 1998.

Baca: Hari penting, Hari Guru Nasional

Tanggal 11 Maret : Hari Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar)


Sejarah Keluarnya Surat Printah Sebelas Maret ini adalah, ketika pata tanggal 11 Maret 1966 Presiden Soekarno Mengadakan Pelantikan Kabinet Diwkora, pada saat Pelantikan dimulai, Dari Brigadir Jenderal Sabur yang menjadi Pasukan Pengawal Presiden, melaporkan bahwa banyak nya Pasukan Liar yang diketahui sebagai Pasukan KOSTRAD yang di bawahi oleh Mayor Jenderal Kemal Idris, yang bertugas untuk menangkap Orang-orang  dari  Kabinet yang diduga terlibat G-30-S
Mendasari Laporan Tersebut kemudian Soekarno bersama Wakil Perdana Menteri I Soebandriao dan Wakil Perdana Menteri Chaerul Saleh langsung berangkan dengan Helikopter menuju Bogor.

Kabar ini dilaporkan juga kepada Mayor Jenderal Soeharto, yang kemudian mengirim Tiga Perwira Tinggi Angkatan Darat untuk menemui Soekarno di Istana Bogor. Ketiga perwira tinggi itu menyampaikan kepada Soekarno bahwa Mayjend Soeharto Mampu memulihkan dan mengendalikan situasi jika diberikan Surat Tuga atau Surat Kuasa untuk dapat menambil Tindakan yang diperlukan, Saat itu Soekarno Setuju dan Dibuatlah Surat Perintah Sebelas Maret.

Baca: Peringati Hari TNI dengan berbagi gambar inspirai

Bagaimana? Sudah banyak tahu hari ini? Ternyata Banyak Sekali Sejarah yang terdapat pada tanggal dan Hari di Bulan Maret, selain Tanggal-tanggal yang saya sebutkan diatas, berikut dibawah ini adalah Hari-hari dan tanggal Penting yang ada di Bulan Maret.


  • Tanggal 8 Maret: Hari Wanita / Perempuan Internasional
  • Tanggal 9 Maret: Hari Musik Nasional
  • Tanggal 10 Maret: Hari Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi)
  • Tanggal 21 Maret: Hari Sindrom Down
  • Tanggal 21 Maret: Hari Teater Boneka
  • Tanggal 21 Maret: Hari Penghapusan Diskriminasi Rasial Sedunia
  • Tanggal 22 Maret: Hari Air Sedunia
  • Tanggal 23 Maret: Hari Meteorologi Sedunia
  • Tanggal 24 Maret: Hari Peringatan Bandung Lautan Api
  • Tanggal 27 Maret: Hari Teater Sedunia
  • Tanggal 27 Maret: Hari Klub Wanita Internasional (bahasa Inggris: Women International Club Day - WIC)
  • Tanggal 29 Maret: Hari Filateli Indonesia
  • Tanggal 30 Maret: Hari Film Nasional


Baca: Tanggal Penting Bulan Februari

Oke itulah daftar hari-hari penting untuk Bulan Maret, Semoga bermanfaat !

Jangan lupa share artikel ini ke teman – teman kamu agar lebih banyak orang tau tentang sejarah bangsanya!