BAGAIMANA CARA MENGURUTKAN NOMOR ATAU NILAI DI EXCEL DENGAN MUDAH

Mengurutkan nomor atau suatu nilai di excel merupakan perintah yang sering digunakan dalam suatu penyusunan laporan. Misalnya dalam pembuatan peringkat penghasilan, peringkat kelas, laporan kinerja keuangan bulanan, dan masih banyak lagi yang intinya mencari nilai terbsear ke terkecil ataupun sebaliknya.

Saya pribadi sering menggunakan fitur ini untuk keperluan pekerjaan, misal saya ingin mengetahui kebutuhan material terbanyak dibulan Januari, maka saya tinggal sort / urutkan data kuantiti kebutuhan material dan hanya hitungan detik informasi yang saya butuhkan akan didapat.

Nah buat anda semuanya yang sekiranya membutuhkan cara-cara seperti ini, saya akan membagikan pengalaman saya dengan bahasa sendiri dan kata-kata sendiri, jadi mohon maaf jika banyak kata atau kalimat yang belepotan.

Namun sebelum lanjut ke tutorial, baiknya anda untuk membaca artikel cara membuat filter data di excel, karena artikel tersebut akan berguna untuk tutorial saat ini.

Di excel sendiri telah tersedia fitur Sort, yang mana fungsinya sesuai namanya yaknin untu mensortir suatu nilai. Ada 2 jenis Sort di excel yakni:

  • Sort Largest to Smallest, pilihan ini bertujuan untuk mengurutkan nomor dari yang terbesar ke terkecil
  • Sort Smallest to Largest, sedangkan untuk yang ini mengurutkan nomor dari yang terkecil ke terbesar


Baca juga: Penjelasan dan Contoh Penggunaan VLOOKUP Excel

Nah bagaimana cara menggunakannya? berikut saya berikan contohnya dengan studi kasus Nilai Kelas 1 SD Suka Makmur, dimana kita akan mencari peringkat kelas dengan fungsi Sort Excel.



Oke langsung saja berikut ini detailnya.

Cara Mengurutkan Nomor di Excel

1. Pertama kali yang harus anda lakukan adalah mem-filter data tabel nilai kelas tersebut, caranya dengan me-blok seluruh tabel -> Tab Home -> Filter, silahkan baca Cara Membuat Filter Data Excel jika kurang jelas.

2. Setelah data ter-filter, silahkan klik tanda filter (panah kebawah) dibagian nilai



3. Karena kita ingin mengetahui peringkat kelas, kita harus memilih Largest to Smallest agar peringkat pertama dibaris paling atas dan peringkat terbawah dibaris paling bawah

4. Berikut merupakan hasilnya, nilai tertinggi akan berada paling atas dan nilai terendah akan berada dibaris paling bawah



5. Jika anda ingin mengurutkan dari yang paling kecil, anda bisa memilih Smallest to Largest.

Baca juga: Cara Print Halamaan Excel tanpa Terpotong

Mudah bukan? mudah sekali harusnya, cukup sekali praktek maka akan langsung paham.

Kenapa mudah paham? karena blog ini memberikan tutorial tanpa bertele-tele dan langsung ke poinnya.

Jadi ayo ajak teman anda, saudara anda untuk membaca disini dengan membagikan tutorial ini agar lebih banyak yang terbantu. Terimakasih.

Selamat malam dan jangan lupa tinggalkan jejak dikomentar.