CARA PRINT EXCEL AGAR TIDAK TERPOTONG DAN SESUAI KERTAS

Cara print file excel agar tidak terpotong dan pas sesuai kertas yang kita kehendaki mungkin adalah salah satu tutorial yang anda butuhkan saat berurusan dengan microsoft excel, entah itu dalam hal pekerjaan atau akademik.


Jika kita tidak mengetahui cara ini, sering kali anda akan kesulitan saat ingin print atau mencetak lembar kerja excel anda. Kadang kolom terpotong, kadang pula baris yang terpotong. Nah bagaimana caranya agar hasil print pas dengan kertas yang kita gunakan? simak dibawah ini caranya.

Contohnya berikut ini, saya mempunyai data Perkalian 1 sampai 10.



Sebelum saya mengaturnya hasil printnya seperti dibawah ini, printnya jadi 2 halaman karena kolomnya terpecah di 2 halaman yang berbeda, sangat tidak praktis bukan

hasil cetak ada 2 lembar/ halaman

Nah agar hasil print pas 1 halaman, saya akan menggunakan scaling (skala) Fit All Colomns on One Page dan Fit All Rows on One Page 

Print Excel agar Pas 1 Kolom 1 Halaman

Dengan cara ini area yang akan kita print akan berada dalam 1 halaman. Sesuai artinya Fit All Colomns on One Page adalah sesuaikan semua kolom kedalam 1 halaman.

Oke simak caranya berikut ini.

1. Pertama set dulu print area, print area adalah cell yang ingin kita cetak. Caranya adalah block semua area yang ingin di print -> Pilih Page layout -> Set Print Area




2. Kemudian tekan tombol Ctrl + P untuk masuk ke menu print.

3. Arahkan pilihan anda ke Scaling -> pilih Fit All Colomns on One Page




4. Hasilnya seperti dibawah ini, hasil cetak akan jadi 1 halaman



Baca juga: Mengubah File Excel menjadi PDF secara Offline Online

Print Excel agar Pas 1 Baris 1 Halaman

Dengan cara ini area yang akan kita print akan berada dalam 1 halaman. Sesuai artinya Fit All Rows on One Page adalah sesuaikan semua baris kedalam 1 halaman.

Lalu apa bedanya dengan cara pertama diatas? tentu beda dong, jika yang atas cocok dengan kertas potrait (berdiri) maka cara ini cocok jika anda ingin print atau mencetak di kertas landscape (tidur).

Untuk lebih jelasnya bisa lihat dihasil akhirnya.

1. Caranya sama dengan yang diatas, tentukan terlebih dahulu print area-nya.

2. Tekan tombol Ctrl + P untuk masuk menu print

3. Atur kertas menjadi Landscape  dan atur scaling menjadi Fit All Rows on One Page



4. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini



Baca juga: Penjelasan rumus VLOOKUP beserta contohnya

Mudah bukan? mudah sekali harusnya, cukup sekali praktek maka akan langsung paham.

Kenapa mudah paham? karena blog ini memberikan tutorial tanpa bertele-tele dan langsung ke poinnya. Jadi ayo ajak teman anda, saudara anda untuk membaca disini dengan membagikan tutorial ini agar lebih banyak yang terbantu. Terimakasih.

Selamat malam dan jangan lupa tinggalkan jejak dikomentar.