PENJELASAN LENGKAP VLOOKUP DAN CARA MENERAPKANNYA

PENJELASAN LENGKAP VLOOKUP DAN CARA MENERAPKANNYA

PENJELASAN LENGKAP VLOOKUP DAN CARA MENERAPKANNYA

Selamat datang para pembaca blog caracek.id, kali ini kami akan menulis tentang fungsi dari microsoft excel yakni vlookup dan bagaimana cara menggunakannya. Artikel ini akan dibagi dalam beberapa sub-bab yang bertujuan agar anda lebih mudah memahami materi dengan bantuan alur yang teratur dan berkesinambungan. wkwkwk nglantur



Oke langsung saja kita masuk ke isi materi

Pengenalan Fungsi Vlookup

Penjelasan singkat mengenai fungsi vlookup, vlookup adalah fungsi atau perintah dari program microsoft excel yang dapat membantu kita untuk mengambil suatu data dalam suatu database kecil hingga besar dalam bentuk file excel (xls / xlsx).

Konsep sederhanya seperti ini, kita sudah memiliki suatu database x yang sudah berisi banyak sekali data, disaat yang bersamaan anda harus membuat atau mengisi 10 form yang mana datanya dapat kita ambil dari database x dengan waktu yang terbatas. Simak ilustrasinya digambar bawah ini!

penjelasan-lengkap-vlookup-dan-cara-menerapkan

Mungkin bagi anda yang belum mengenal apa itu vlookup akan menggunakan fungsi copy paste satu persatu di fom 1 sampai form 10, jika data yang harus diolah sedikit memang tidak masalah menggunakan cara copy paste, namuuuuun jika data yang diolah berjumlah ratusan hingga ribuan tentunya cara konvensional (copy paste) akan sangat menguras waktu.

Dengan fungsi vlookup anda hanya perlu mengolah satu file saja, yakni database x. Jika satu data yang ada pada database x diubah maka semua form 1 sampai 10 yang sudah terhubung dengan database x akan berubah secara otomatis. Sangat berguna bukan? dan tentunya sangat menghemat waktu dari pada harus copy paste satu satu dari form 1 sampai form 10.

Manfaat Menguasai Vlookup

Untuk manfaat dari penggunaan vlookup sendiri sudah sedikit tergambar di pengenalan diatas, namun lebih jelasnya berikut kami sampaikan bebarapa manfaat vlookup sesuai apa yang sudah penulis alami selama ini, berikut manfaatnya :
  1. Membantu mengerjakan tugas yang rumit dengan cepat dan akurat
  2. Dapat membuat program aplikasi sederhana dengan excel
  3. Nilai plus bagi anda jika melamar pekerjaan
Untuk point nomor 3, percaya atau tidak memang itulah kenyataannya. Dibeberapa perusahaan vlookup sering ditanyakan, dan jika anda menguasainya tentu hal itu akan menjadi point plus diri anda dimata perusahaan tempat anda melamar pekerjaan.

Selain itu, penulis yang dalam kehidupan sehari-harinya berprofesi sebagai staff PPIC sangat terbantu dengan fungsi ini untuk mengerjakan tugas dari atasan dengan cepat dan akurat.

Praktek Fungsi Vlookup

Jika anda sudah membaca sub-bab pengenalan dan manfaat vlookup sekarang saatnya praktek cara menggunakan atau menerapkan di excel kita masing-masing. Disini kami hanya akan memberikan logika penggunaan vlookup ini.

Yang harus kita lakukan adalah memahami data-data yang diminta oleh excel saat menggunakan perintah vlookup. Berikut data yang diminta dan penjelasannya:

penjelasan-lengkap-vlookup-dan-cara-menerapkan

  • Lookup_value : nilai patokan yang diminta, istilahnya adalah nomor ID, jadi nilai ID yang ada pada database harus sama dengan nilai ID yang ingin dimasukan dalam form kerja
  • Table_array : kumpulan data yang ingin kita ambil, dalam excel beruba range cell
  • Col_index_num : kolom ke- berapa yang nilainya akan kita ambil
  • Range_lookup : Pilih TRUE / FALSE, biasanya penulis hanya memberikan nilai 0 pada pilihan ini

Langsung saja berikut langkah-langkahnya.

1. Siapkan database, kali ini kami telah mempersiapkan DAFTAR NILAI KELAS VII - SMP AL-IKHLAS (kita anggap ini sama dengan database x)

penjelasan-lengkap-vlookup-dan-cara-menerapkan

2. dan untuk Form-nya, telah kami persiapkan form KARTU HASIL BELAJAR SISWA  (kita anggap ini sama dengan form 1 hingga form 10)

penjelasan-lengkap-vlookup-dan-cara-menerapkan

3. Selanjutnya kita akan membuat Table_array dengan cara blok range cell B8:I17 pada sheet database x dan isikan nama NILAIKELAS di Name Box pojok kiri atas, jika kurang jelas bisa lihat gambar dibawah ini!

penjelasan-lengkap-vlookup-dan-cara-menerapkan

4. Pindah ke sheet form 1 - 10

5. Isikan terlebih dahulu NIS siswa di cell F5, bisa isi angka 9 untuk kepentingan praktek

penjelasan-lengkap-vlookup-dan-cara-menerapkan

6. Di data NAMA tepatnya pada cell F6, silahkan isikan perintah "=VLOOKUP(F5,NILAIKELAS,2,0)"

Penjelasan :
  • F5 : berperan sebagai nomor ID yang disini adalah NIS, kita isi nomor 9 karena kita ingin memunculkan data nilai dengan nama siswa NIKEN (silahkan lihat kembali database x)
  • NILAIKELAS : berperan sebagai table_array dimana ini merupakan range cell semua data yang kita butuhkan
  • 2 : karena kita akan memunculkan data nama, kita isi 2 karena memang data nama merupakan kolom kedua di table_array
penjelasan-lengkap-vlookup-dan-cara-menerapkan
  • 0 : kalau kami mengisi ini sebagai pelengkap saja, masih kurang tahu apa fungsi spesifik dari nilai ini

7. Di data KELASsilahkan isikan perintah "=VLOOKUP(F5,NILAIKELAS,3,0)"

8. Di data IPAsilahkan isikan perintah "=VLOOKUP(F5,NILAIKELAS,4,0)"

9. Di data MTKsilahkan isikan perintah "=VLOOKUP(F5,NILAIKELAS,5,0)"

10. Di data B.INDOsilahkan isikan perintah "=VLOOKUP(F5,NILAIKELAS,6,0)"

11. Di data RATA-RATAsilahkan isikan perintah "=VLOOKUP(F5,NILAIKELAS,7,0)"

12. Di data RANKINGsilahkan isikan perintah "=VLOOKUP(F5,NILAIKELAS,8,0)"

13. Selesai sudah, saat anda ingin membuat Kartu Hasil Belajar masing-masing siswa anda hanya perlu merubah nomor NIS-nya maka data dibawahnya akan mengikuti secara otomatis.

penjelasan-lengkap-vlookup-dan-cara-menerapkan

Download File Belajar Vlookup

Bagi semuda pembaca blog caracek.id jika masih kesulitan dengan penjelasan diatas, kami akan berikan file berlajar berupa file .xls excel. Semoga bermanfaat dan silahkan dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan.


Informasi Tambahan

  • Selain Vlookup ada juga yang namanya Hlookup. Bedanya adalah kalau Vlookup itu vertikal maka yang digunakan adalah Col_index_num (kolom), sedangkan Hlookup berarti Horisontal yang digunakan adalah Row_index_num (baris). Secara garis besar dan konsep masih sama.
  • Beberapa excel memiliki pemisah perintah yang berbeda antara , (koma) dan ; (titik koma). Kebetulan excel kami menggunakan pemisah koma jadi perintah yang ditulis adalah "=VLOOKUP(F5,NILAIKELAS,8,0)" , buat teman-teman yang pemisah excelnya menggunakan titik koma maka harus menulis perintah menjadi "=VLOOKUP(F5;NILAIKELAS;8;0)"

Penutup

Alhamdulillah kami telah berhasil menuntaskan artikel ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca blog caracek.id, maaf jika banyak salah penulisan atau tata bahasa yang kurang pas, saya selaku manusia hanya bisa berusaha semaksimal mungkin. hehe

Anda bisa membagikan artikel ini kepada teman atau saudara yang sekiranya membutuhkan informasi serupa seperti ini. Dan buat anda blogger diluar sana, silahkan ambil refernsi disini dengan catatan tidak copy paste 100% dan saya mohon cantumkan sumber link artikel ini agar saling memberikan manfaat.

Akhir kata terima kasih.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan bagikan artikel ini keteman anda yang membutuhkan informasi seperti ini.

Silahkan komentar jika anda terbantu terbantu dengan artikel ini.

Komentarlah dengan bijak. Terima kasih.