CARA MEMBUAT FILTER DI EXCEL

CARA MEMBUAT FILTER DI EXCEL

CARA MEMBUAT FILTER DI EXCEL

Fitur Filter yang ada di excel merupakan salah satu fitur yang paling berguna ketika saya dalam dunia kerja, bahaimana tidak? hampir 100% laporan yang saya buat membutuhkan fitur ini. Mulai dari laporan keuangan, perencanaan, dan monitoring perusahaan.

Selain didunia kerja, filter juga mempunyai banyak manfaat untuk dunia pendidikan. Misal untuk Guru atau Dosen, ketika berurusan dengan database nilai semua murid dalam 1 angkatan yang jumlahnya bisa begitu besar dan beragam akan sangat mudah mendapatkan informasi tertentu dengan fitur filter.

Sedangkan manfaat untuk siswa atau mahasiswa, filter excel dapat digunakan saat ingin membuat makalah dengan sumber database berukuran besar.

Singkat cerita, filter excel berguna untuk menyaring informasi yang kita butuhkan, misal dalam sebuah database jumlah penduduk Jawa Timur yang menampilkan daftar nama, umur, pekerjaan/status, dan pendidikan terakhir.

Akan ada ratusan ribu data yang akan muncul, nah bagaimana saat kita ingin tahu jumlah penduduk yang berumur 20 sampai 25 tahun?

Gampang, anda hanya perlu menggunakan filter excel, dan pilih (centang) nomor 20, 21, 22, 23, 24, 25 di kolom umur. Dan dengan singkat akan terlihat jumlah penduduk yang berumur 20 sampai 25 tahun.

Untuk lebih jelasnya simak contoh dan studi kasus dibawah ini.

Baca juga: Penjelasan VLOOUKUP Excel beserta contohnya

Studi Kasus untuk Filter Excel

Misal saya mempunyai data total jumlah kabupaten di semua provinsi yang ada di Indonesia (34 Provinsi). Suatu ketika saya ingin mengetahui atau mencari informasi provinsi apa saja yang memiliki lebih dari 15 kabupaten.



Mungkin anda bisa menggunakan cara manual, yakni menghitung satu per satu, tapi hal tiu sangat tidak praktis. Kenapa? bagaimana kalau data yang kita ingin cari berukuran besar, akan sangat menghabiskan waktu tentunya.

Untuk itulah anda bisa menggunakan filter excel, dengan filter excel anda akan dengan cepat mendapatkan informasi dengan cepat. Set set set beres! 

Sekarang marik kita praktek dengan data yang diatas.

Baca juga: Cara Print Excel tanpa Terpotong

Cara Membuat Filter Excel

1. Pertama kali yang harus anda lakukan adalah blok semua tabel yang berisi data, mulai dari header tabel hingga bagian paling bawah



2. Pastikan anda berada di tab Home -> pilih Sort & Filter -> pilih Filter



3. Saat muncul seperti tanda panah kebawah dimasing-masing header tabel maka itu menandakan bahwa data sudah ter filter, mari kita sebut tanda tersebut sebagai tanda filter



4. Untuk memunculkan provinsi yang memiliki kabupaten diatas 15, anda hanya perlu klik tanda filter di bagian total kabupaten, hilangkan centang di bagian (Select All) dan centang semua angka diatas 15 -> klik OK



5. Dan hasilnya akan memunculkan provinsi yang memiliki lebih dari atau sama dengan 15 kabupaten



6. Jika ada yang bertanya, tinggal menjawab, bahwa proovinsi yang memiliki lebih atau sama dengan 15 kabupaten adalah Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, NTT, Papua, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Cara Menambahkan Baris dan Kolom di Excel

Mudah bukan? mudah sekali harusnya, cukup sekali praktek maka akan langsung paham.

Kenapa mudah paham? karena blog ini memberikan tutorial tanpa bertele-tele dan langsung ke poinnya.

Jadi ayo ajak teman anda, saudara anda untuk membaca disini dengan membagikan tutorial ini agar lebih banyak yang terbantu. Terimakasih.
Selamat malam dan jangan lupa tinggalkan jejak dikomentar.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan bagikan artikel ini keteman anda yang membutuhkan informasi seperti ini.

Silahkan komentar jika anda terbantu terbantu dengan artikel ini.

Komentarlah dengan bijak. Terima kasih.