MENCARI ANGKA YANG SAMA (DUPLIKAT) DI EXCEL UNTUK PEMULA

Mencari data atau angka yang sama (duplikat) dalam excel merupakan suatu hal yang gampang-gampang susah. Susah kalau tidak tahu caranya, dan akan sangat gampang jika anda mau berpikir dan tahu caranya.

Memang mencari data atau angka duplikat dapat dilakukan secara manual, anda tinggal lihat satu-satu dan menandainya jika terdapat kesamaan. Tapi bagaimana jika data anda berjumlah ratusan atau bahkan ribuan? akan sangat melelahkan dan menghabiskan waktu tentunya.

Oleh karena itu, saya akan menuliskan artikel dalam bentuk narasi tutorial yang akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah mencari data atau angka duplikat dengan waktu yang singkat dan mudah diterapkan. Silahkan baca tutorialnya sampai habis jika anda tidak ingin setengah-setengah pahamnya.

Baca juga: Cara Print Excel tanpa Terpotong

Mencari Data atau Angka yang Sama / Duplikat

1. Pertama kali yang anda harus lakukan adalah mempersiapkan data yang ingin di cari


2. Pastikan anda berada di tab Home
3. Pilih Conditional Formatting -> arahkan ke Highlight Cells Rules -> kemudian klik Duplicates Values

4. Setelah itu akan muncul pop-up, silahkan lihat gambar dibawah ini, pilih OK


5. dan Berikut bawah ini merupakan hasilnya

Angka-angka duplikat atau yang mempunyai kembaran akan disorot warna merah yang tentunya akan sangat memudahkan dalam membantu mencari angka duplikat, anda tinggal mencatat angka yang disorot dengan warna merah.

Baca juga: Vlookup Excel untuk Laporan Kerja

Mudah bukan? mudah sekali harusnya, cukup sekali praktek maka akan langsung paham.

Untuk kedepannya saya akan membagikan cara mencari data duplikat di excel untuk tingkat lanjut yang akan dikombinasikan dengan fitur filter di excel, sangat bermanfaat untuk kepentingan pekerjaan atau pengerjaan laporan bidang akademik. Ditunggu ya!

Bagikan tutorial ini jika anda merasa terbantu agar beranfaat juga bagi orang lain, sekian terima kasih.