Tokoh Batik Nasional untuk Memperingati Hari Batik Nasional

Tujuan artikel ini adalah memberikan wawasan kepada pembaca blog caracek.id mengenai siapa saja Tokoh Batik Nasional untuk Memperingati Hari Batik Nasional.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai hari batik nasional, hal ini merujuk pada keputusan UNESCO yang telah mengakui bahwa batik merupakan warisan budaya internasinal yang berasal dari Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009.

Kita sebagai rakyat Indonesia tentunya bangga akan hal itu. Karena jika telah diakui UNESCO maka tidak akan ada negara lain yang bisa main klaim sendiri budaya batik.

Nah bagaimana cara memperingati hari batik nasional yang benar? Anda bisa membagikan informasi hari batik nasional melalui gambar-gambar yang bertema batik, selain itu anda juga bisa belajar mengenai sejarah batik lewat mengenal tokoh tokoh penting yang berperan dalam perkembangan batik nasional.

Kebetulan kami akan memberikan daftar tokoh toko batik nasional, simak di bawah ini

1. Edward Hutabarat

tokoh-batik-nasional-1

Pria asal Sumatera Utara yang berprofesi sebagai perancang busana. Sering bekerja sama dengan pengrajin batik untuk membuat mahakarya.

2. Iwan Tirta

tokoh-batik-nasional-2

Beliau lahir tahun 1935 dan wafat pada tahun 2010 silam. Beliau merupakan perancang batik yang karyanya pernah dipakai oleh para kepala negara pada APEC 1994 yang diselenggarakan di Bogor, Indonesia.

3. Bagong Kussudiarjo

tokoh-batik-nasional-2

Beliau merupakan salah satu pelukis batik kontemporer yang terkenal pada masanya.

4. K.R.T Hardjonagoro

tokoh-batik-nasional-4
K.R.T Hardjonagoro (kanan)

Lahir dan besar di lingkungan pembuat batik, kakeknya merupakan pengusaha batik di Solo. Beliau lah yang mempunyai ide pola-pola batik Pusaka atas anjuran Presiden RI yang pertama, Ir. Soekarno.

5. Ibu Sud

tokoh-batik-nasional-5

Lebih dikenal sebagai ibu pencipta lagu, ternyata ibu Sud mempunyai peran di dunia batik nasional.

6. Eman Suparman

tokoh-batik-nasional-6

Beliau adalah salah satu Guru Besar. Dia sering menulis karya lewat buku atau jurnal tingkat nasional maupun internasional. Selain itu juga beliau pernah menjabat sebagai ketua Asosiasi Batik Indonesia.

7. Tuty Cholid

tokoh-batik-nasional-7

Tuty Cholid adalah perancang busana terkenal, sering kali membuat mahakarya yang bertema etnis Indonesia, salah satunya adalah tema batik.

Itulah Tokoh Batik Nasional, ayo kita kenali mereka untuk Memperingati Hari Batik Nasional.

Disclaimer:
Gambar diatas merupakan hasil dari pencarian Google, hak cipta masih atas pembuat gambar masing-masing. Kami himbau jangan menggunakan gambar untuk keuntungan pribadi.