TERBARU! Berikut 2 Cara Mengajukan Kredit KUR BRI

PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI terus meningkatkan kinerjanya untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Salah satu bentuk layanan yang mereka berikan adalah program kredit untuk rakyat kecil yang ingin memulai usahanya sendiri. Pada program ini, Bank BRI bekerja sama dengan pemerintah dalam mengeluarkan produk layanan yang diberi nama KUR atau Kredit Usaha Rakyat.


Berikut tata cara pengajuan kredit KUR di Bank BRI lengkap dengan persyaratannya.

Dalam mendaftarkan diri untuk pengajuan kredit KUR, Anda bisa memilih cara online atau offline. Keduanya sama-sama memiliki kelebihannya masing-masing. Berikut ini dua acara pengajuan kredit KUR yang bisa Anda ikuti.

Secara Online

  1. Buka HP dan hidupkan data internet. Pastikan Anda memiliki cukup kuota data agar proses pengajuan lebih lancar.
  2. Buka browser dan kunjungi laman kur.bri.co.id

  3. Pilih menu “Ajukan Pinjaman KUR
  4. Jika belum memiliki akun, klik “Daftar” dan lengkapi semua persyaratan pendaftaran. Jika sudah punya akun, Login dengan alamat email serta password.


  5. BRI akan memberikan keterengaan pernyataan yang harus Anda baca dengan teliti. Jika sudah selesai, klik “Setuju”.



  6. Lalu akan diberikan formulir pengajuan, isi formulir tersebut dengan data yang benar dan tidak dipalsukan. Jika sudah, kirim pengajuan pinjaman.


Proses selesai, Anda hanya perlu menunggu apakah proses peminjaman disetujui oleh pihak pengelola kredit KUR BRI atau tidak.

Secara Offline

  1. Datanglah ke cabang kantor BRI terdekat dari lokasi Anda.
  2. Isikan formulir aplikasi serta berkas yang diperlukan untuk penngajuan kredit KUR. Adapun berkas yang dibutuhkan antara lain KTP, Kartu Keluarga (KK), SKU atau Surat Keterangan Usaha, serta jaminan.
  3. Jika sudah lengkap semua, petugas akan melakukan uji kelayakan usaha pada calon debitur. Cara mengujinya adalah dengan melakukan survey lapangan oleh petugas. Apabila dirasa memenuhi uji kelayakan, maka BRI akan memberikan persetujuan atas pengajuan Anda.
  4. Setelah disetujui, debitur harus melakukan teken kontrak tentang perjanjian kredit pinjaman. Maka kredit pinjaman akan langsung cair ke rekening debitur.
  5. Setiap bulan, calon debitur harus melakukan angsuran yang terdiri dari angsuuran pokok serta bunga yang telah disepakati pada kontrak perjanjian.

Syarat Pengajuan Kredit KUR BRI

PT Bank BRI juga tidak sembarangan dalam memberikan pencairan kredit pinjaman. Ada syarat tertentu yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh para calon debitur. Adapun syarat-syarat pengajuan kredit KUR BRI adalah sebagai berikut.
  1. Peminjam individu atau perorangan
  2. Usaha yang dijalankan sudah berjalan setidaknya minimal enam bulan
  3. Usaha dijalankan juga pada salah satu platform e-commerce atau juga ride hailing
  4. Tidak sedang mendapatkan kredit dari perbankan lainnya. Kecuali untuk kredit konsumtif seperti Kartu kredit, KKB, atau KPR
  5. Memenuhi syarat administrasi yang berupa KK, KTP, SKU atau surat ijin usaha, dan jaminan seperti BPKB kendaraan

Suku Bunga Serta Plafon KUR Bank BRI

Bank BRI menerapkan suku bunga yang cukup ringan bagi debitur yang ingin mengajukan kredit, yakni sebesar 6 persen. maksimal pinjaman yang bisa didapatkan oleh calon debitur adalah Rp. 50 juta. Serta jangka waktu yang diberikan yakni 12, 18, hingga 24 bulan.

Untuk Anda pelaku usaha UMKM tidak perlu risau lagi tentang modal untuk memulai usaha. Karena Bank BRI telah menyediakan produk layanan yang akan sangat membantu kebutuhan modal Anda dalam memulai usaha.