Cara Mengajukan Kredit Pinjaman ke Pegadaian agar Mudah di Approve

Memenuhi kebutuhan dengan mengajukan pinjaman atau kredit sudah sangat sering dilakukan oleh banyak orang. Terkadang, mereka meminjam untuk memenuhi kebutuhan atau untuk modal awal dalam membuka usaha. 


Jika Anda merasa mengajukan kredit ke perbankan cukup sulit, Anda bisa mencoba mengajukan kredit ke Pegadaian.

Pegadaian ini merupakan salah satu BUMN atau Badan Usaha Milik Negara yang sistemnya memberikan pinjaman dengan berdasarkan hukum gadai yang berlaku.

Jenis kredit atau pinjaman di Pegadaian juga sangat beragam. Syarat dan tata caranya cukup berbeda antara jenis pinjaman satu dengan yang lainnya.

Jenis Kredit atau Pinjaman & Cara Pengajuannya

  1. Kredit Cepat Aman atau KCA
    Poduk kredit pertama sekaligus produk pinjaman yang paling populer di Pegadaian adalah KCA atau Kredit Cepat Aman.

    Kepopulerannya ini tidak terlepas drai sasarannya yang bisa diperuntukkan bagi berbagai golongan serta dapat memenuhi kebutuhan konsumtif maupun prduktif.

    Sesuai dengan namanya, jenis produk pinjaman ini sangat cocok untuk Anda yang ingi mendapat pinjaman yang aman dan cepat.

    Adapun cara mengajukan kredit di Pegadaian dengan sistem KCA adalah pertama harus memenuhi persyaratan yang berlaku. 

    Anda bisa langsung mendatangi kantor dengan membawa jaminan yang bisa berupa laptop, handphone, emas, dan lain sebagainya.

    Adapun dokumen yang perlu disiapkan antara lain, Fotokopi identitas diri asli dan masih berlaku baik berupa SIM, KTP, atau juga paspor. Memberikan jaminan atau agunan serta menandatangani SBK.

  2. Kredit Gadai Sistem Angsuran atau Krasida
    Apabila Anda membutuhkan jumlah pinjaman yang lebih besar dari sebelumnya, mungkin produk yang satu ini akan sangat cocok untuk Anda coba gunakan.

    Biasanya dana yang cukup tinggi ini diperlukan untuk keperluan renovasi rumah, biaya untuk masuk ke perguruan tinggi, maupun biaya untuk pernikahan.

    Syarat yang harus dipenuhi ketika hendak mengajukan kredit pada produk ini antara lain, kartu identitas asli yag masih berlaku seperti KTP, Kartu Keluarga, dan bersedia memberikan agunan atau jaminan yang bisa berupa emas, atau jika kendaraan bermotor, Anda bisa menggadaikannya beserta dengan BPKB, STNK, dan faktur pembelian.

  3. Gadai Efek
    Selanjutnya, produk pinjaman yang ketiga adalah salah satu layanan peminjaman dana tunai dengan tenor mencapai 90 hari.

    Pinjaman yang ditawarkan juga cukup besar, yakni dimulai dari Rp. 5 juta hingga Rp. 20 milyar.Agunan atau jaminan yang diberikan adalah berua saham maupun obligasi tanpa warkat.

    Syarat bagi individu yang ingin mengajukan kredit di Pegadaian ini antara lain, KTP, NPWP, serta SID. Mempunyai saham atau obligasi yang nantinya digunakan sebagai agunan. Mempunyai nomor HP serta rekening bank. Kemudian barulah isi surat pengajuan resmi terhadap pihak Pegadaian.

  4. Kreasi
    Masih lanjut ke pilihan produk layaan, produk yang keempat adalah Kreasi, jenis pinjaman khusus untuk pengusaha kecil menengah.

    Adapun syarat-syarat yang perlu dipenuhi atara lain, memiliki KTP asli, surat nikah untuk pasangan yang sudah menikah, Kartu keluarga, serta dokumen milik kendaraan tersebut seperti BPHTB, STNK, serta BBKP yang asli.

    Selain jenis produk layanan tersebut, Pegadaian juga masih memiliki produk layanan lainnya, seperti Rahn atau Gadai Emas Syariah dan Arrum atau Pinjaman Usaha Syariah.

Setiap produk layanan memiliki target kebutuhannya sendiri. Dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa mengajukan kredit tidak selalu harus menggunakan perbankan saja.