PENJELASAN FUNGSI SUBTOTAL EXCEL

PENJELASAN FUNGSI SUBTOTAL EXCEL

PENJELASAN FUNGSI SUBTOTAL EXCEL

Subtotal merupakan salah satu fungsi yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk memudahkan kita melakukan perhitungan dalam suatu database yang dinamis atau berubah-ubah. Bisa dibilang fungsi Subtotal merupakan kumpulan dari beberapa fungsi perhitungan seperti average, sum, max, min, dan fungsi perhitungan lainnya. Perbedaan medasar antara rumus fungsi biasa dengan subtotal adalah, subtotal mengabaikan nilai atau value yang terfilter atau tersembunyi.

Mungkin teman-teman pembaca masih sangat asing dengan fungsi ini, tapi tidak ada salahnya jika anda mulai mencoba dan memahami fungsi subtotal ini, karena fungsi ini akan sangat bermanfaat saat anda melakukan pekerjaan statistik atau bahkan membuat laporan dalam dunia kerja.


Sintaks Rumus Subtotal


Subtotal memiliki sintak rumus =SUBTOTAL(function_num,ref1)

Berikut merupakan penjelasannya:

  • function_num : berisi pilhan antara angka 1~10 dan 101~110, masing-masing angka memiliki fungsi tersendiri, dan akan dibahas pada bab contoh penerapan fungsi subtotal
  • ref1: berupa range cell yang berisi data-data yang akan kita olah

Penerapan Fungsi Subtotal


Kami akan memberikan salah satu contoh penerapan fungsi SUM subtotal dengan fungsi SUM biasa. Lihat gambar diatas, nilai SUM dikedua fungsi menghasilkan nilai yang sama yakni 861. Kemudian jika kita melakukan filter pada data, berikut merupakan hasilnya.


Saat kita mem-filter data dengan hanya memunculkan no absen 1,3, 5, 6, 8 hasil fungasi SUM biasa dengan SUM subtotal berbeda. SUM biasa masih memunculkan nilai 861 seperti nilai semula, sedangan SUM subtotal memunculkan hasil 440.


Kenapa berbeda? dikarenakan fungsi SUM biasa masih menghitung nilai angka yang tersembunyi atau terfilter, jadi nilai kelas pada nomor absen 2, 4, 7, 9, dan 10 masih dihitung. Sedangkan fungsi SUM subtotal mengabaikan nilai kelas nomor absen 2, 4, 7, 9, dan 10 karena terfilter atau disembunyikan.

Untuk lebih gampangnya fungsi subtotal hanya menghitung angka yang terlihat saat itu dan mengabaikan angka yang tersembunyi.

untuk Function Number-nya sendiri anda bisa menggunakan daftar sebagai berikut:
1/101 : untuk perintah Average
2/102 : untuk perintah Count
3/103 : untuk perintah Counta
4/104 : untuk perintah Max
5/105 : untuk perintah Min
6/106 : untuk perintah Product
7/107 : untuk perintah STDEV
8/108 : untuk perintah STDEVP
9/109 : untuk perintah SUM
10/110 : untuk perintah VAR
11/111 : untuk perintah VARP
*pilih salah satu ya, contoh jika ingin menggunakan fungsi average cukup ketik angka 1

Sekaian tutorial dan penjelasan mengenai fungsi subtotal di excel, jangan lupa bagikan informasi ini ke teman anda atau saudara anda yang sekirannya membutuhkan informasi serupa.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan bagikan artikel ini keteman anda yang membutuhkan informasi seperti ini.

Silahkan komentar jika anda terbantu terbantu dengan artikel ini.

Komentarlah dengan bijak. Terima kasih.