CARA MENGUBAH FILE EXCEL MENJADI PDF OFFLINE ONLINE

Convert atau mengubah file excel (.xls) menjadi pdf kadang diperlukan saat kita menginginkan file tidak ingin diedit ulang lagi. Dengan cara ini anda juga tidak perlu mongotak atik lagi saat ingin mencetak file di komputer lain.


File pdf juga akan terlihat lebih formal, jadi untuk transaksi digital saat bisnis lebih disukai. Dalam dunia kerja pun saya juga lebih senang untuk menyimpan file final kedalam bentuk pdf agar lebih enak dipandang dan dipresentasikan, terkesan simpel dan formal.

Saat ini ada 2 macam cara untuk mengubah file excel kedalam bentuk pdf, yakni secara online dan offline. 

Sederhananya seperti ini, kalau online anda harus upload file excel untuk kemudian di convert oleh website tertentu, setelah proses convert selesai anda harus download untuk mendapatkan file pdf-nya. 

Sedangkan untuk yang offline anda hanya perlu menginstall 1 program pdf, untuk kemudian anda bisa ekspor file excel anda ke dalam bentuk pdf sepuasnya dan tanpa koneksi internet.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara ekspor atau mengubah file excel kedalam bentuk pdf dengan cara offline dan online. Langsung saja cus!


Mengubah File Excel menjadi PDF secara Offline

1. Install program pdf, opsinya adalah adobe reader, foxit, atau sumatra pdf
atau bagi anda yang menggunakan excel versi 2007 bisa install Microsoft Office Add-in: Microsoft Save as PDF or XPS yang bisa download disini

2. Setelah install salah satu program diatas, berikut yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan file dalam bentuk pdf

  • Pertama dengan cara save as, setelah file excel anda sudah siap silah menuju perintah file -> Save As. Setelah itu akan muncul jendela baru, silahkan amati pilihan di bagian Save as type: -> pilih pdf, -> isi judul file -> klik Save -> selesai.

  • Kedua dengan menu Export, sama seperti diatas setelah file excel sudah siap silahkan berikan perintah klik file -> Export -> -> isi judul file -> klik Publish -> selesai.

  • Kedua dengan menu Print, sama seperti 2 cara diatas setelah file excel sudah siap silahkan berikan perintah klik file -> Print -> dibagian printer pilih Microsoft Print to Pdf -> klik Print -> isi judul file -> klik Save -> selesai.




Mengubah File Excel menjadi PDF secara Online

1. Pastikan file excel sudah siap

2. Kunjungi website penyedia alat konversi excel ke pdf, banyak kok pilihannya, bisa pilih salah satu ini smallpdf, pdfcandy, dan online2pdf. *anda bisa pilih salah satu

3. Saya akan menggunakan smallpdf

4. Pilih kotak yang saya beri tanda merah


5. Cari file excel yang ingin kita ubah menjadi pdf


6. Tunggu proses hingga selesai, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini


7. klik Unduh File untuk mendownload file pdf yang kita piliha tadi



Mudah bukan? mudah sekali harusnya, cukup sekali praktek maka akan langsung paham. 

Kenapa mudah paham? karena blog ini memberikan tutorial tanpa bertele-tele dan langsung ke poinnya. Jadi ayo ajak teman anda, saudara anda untuk membaca disini dengan membagikan tutorial ini agar lebih banyak yang terbantu. Terimakasih.

Selamat malam dan jangan lupa tinggalkan jejak dikomentar