Cara Mencari Konten yang Sedang Viral di Indonesia

Viral menurut KBBI adalah sesuatu berkenaan dengan virus atau yang bersifat menyebar luas dengan cepat seperti virus.

Disini saya tidak akan membahas virusnya melainkan tentang "sesuatu yang menyebar dengan cepat", yakni bagaimana cara mengetahui topik-topik apa yang sedang viral sebagai sarana mendapatkan engagement/perhatian dari netizen-netizen.

Menulis topik atau konten yang sedang viral tentu banyak manfaatnya bagi para kreator, salah satunya seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya untuk mendapatkan engagement/perhatian dari netizen, semakin tinggi engangement di situs atau platform yang kita miliki maka akan ada peluang pendapatan uang melalui content placement.

Kali ini saya akan membagikan cara mencari topik yang sedang viral dengan menggunakan Google Trend Explore, di akhir artikel ini akan saya bagikan tutorial melalui file PDF

Cara Mencari Topik yang Sedang Viral di Indonesia

1. Pertama buka link google trend explore https://trends.google.co.id/trends/explore
2.  Setting pilihan yang adadalam kotak merah seperti gambar dibawah. Sebagai contoh saya pilih Negara Indonesia dengan periode waktu 12 bulan terakhir dan disemua kategori
Disini teman-teman bisa pilih settingan Negara, kategori, dan periode waktu sesuai kebutuhan

google trend topik viral
 
3. Dengan settingan saya tadi, saya mendapatkan beberapa kata kunci yang paling banyak dicari (viral) oleh orang Indonesia dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

Hasilnya kata kunci “prakerja” menjadi kata kunci teratas, diikuti dengan “kartu prakerja”, “prakerja login”, “download video tiktok”, dan “prakerja go id”

Bagi teman-teman yang ingin fokus ke konten tertentu bisa melakukan penyesuaian di kategori, pihak google tren sendiri memberikan banya kategori seperti hiburan, musik, berita, seni, games dan masih banyak lagi

Untuk dapatkan tips menggunakan Google Trend lebih efektif bisa download file PDF dibawah ini (ada tambahan tutorial yang lebih bermanfaat)


Sekian dulu tutorial kali ini, selamat berjumpa di tutorial lainnya.