Cara Mudah Membuat Barcode di Excel Semua Versi

Selamat malam pembaca blog caracek.id, saya yakin anda yang sedang membaca tulisan ini sedang mencari ilmu tentang bagaimana cara membuat barcode dengan cara yang sangat mudah hanya menggunakan bantuan software / aplikasi microsoft excel.

Mungkin dari beberapa pembaca mempunyai pertanyaan apa sih manfaat dari penggunaan barcode dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan hak dan kewajiban negerawan yang baik *nglantur mode on


cara-mudah-membuat-barcode-di-excel

Jadi barcode adalah salah satu metode untuk mengubah suatu informasi berupa angka atau huruf menjadi sebuah kumpulan bar (kotak). Istilah simpelnya seperti sandi, jadi semakin banyak huruf atau angka yang dirubah menjadi barcode maka semakin banyak kotaknya dan semakin panjang juga barcode-nya.

contohnya seperti dibawah ini :
cara-mudah-membuat-barcode-di-excel

kalimat cara menulis barcode (atas) akan lebih panjang barcodenya dari pada kalimat cara barcode (bawah).

Fungsi Nyata Barcode

Fungsi dari barcode itu sendiri adalah memudahkan kita dalam mencari suatu data yang terdapat pada database yang besar. Contoh dalam kehidupan nyata adalah data penjualan suatu toko. Dalam suatu toko tentunya akan dapat banyak sekali barang yang dijual, mencatat setiap barang yang keluar dan masuk tentunya akan sangat merepotkan jika dilakukan secara manual.

Dengan bantuan barcode kita akan sangat terbantu untuk memonitoring pergerakan barang ditoko. Setiap jenis barang akan memiliki ID barcode sendiri-sendiri, jadi jika kita ingin merekam pergerakan keluar masuk barang kita hanya tinggal men-scan barcode dengan barcode scanner, tit tit *bunyi barcode scanner* maka data akan langsung ter-input di komputer.

cara-mudah-membuat-barcode-di-excel

Cara Membuat Barcode

Cara membuat barcode sebenarnya sangat simpel, banyak aplikasi berbayar dan gratis ada di internet yang memberikan masing-masing keunggulannya. namun dalam kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk menggunakan aplikasi sejuta umat, yakni Microsoft Excel.

Ayo siapa diantara pembaca blog yang tidak mempunyai excel di komputernya? mungkin hanya sedikit, pengguna Linux atau Mac Komputer. Tapi saya jamin 90% dari anda para pembaca blog ini sudah menginstall Microsoft Excel di komputernya.

Langsung saja ke tahap cara-caranya

1. Pastikan anda telah menginstall font barcode di komputer / laptop anda, jika belum install silahkan terlebih dahulu klik link berikut untuk melihat cara install font barcode

2. Jika sudah berhasil install silahkan ketik kata/angka apapun yang ingin dijadikan barcode dan ditutup dengan simbol bintang *

3. Contoh yang saya gunakan adalah *cara barcode*

4. Setelah itu ubah font-nya menjadi Free 3 to 9 Extended (font barcode yang di install pada langkah nomor 1)

5. dibawah ini hasilnya

cara-mudah-membuat-barcode-di-excel

tulisan sebelah kiri merupakan saat menggunakan font calibri, dan yang sebelah kanan adalah hasil saat menggunakan font Free 3 of  9 Extended. Gampang bin mudah kan.

Sekian tutorial sederhana dari saya, jika ada yang kurang paham jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah ini.

Tips dari saya, jika tujuan anda untuk manajemen dalam toko, saya sarankan untuk ID yang di ubah menjadi toko dalam bentuk angka saja (jangan ada huruf) dan font yang dipilih adalah Free 3 of 9 .