Cara Install Font Baru di Komputer atau laptop

Selamat malam semuanya, setelah sekian lama tidak menulis di blog ini, saya diberikan kesempatan lagi berupa waktu untuk mengisi blog ini kembali.

Kali ini saya akan menuliskan tutorial tentang bagaimana menginstall atau memasang font baru di komputer atau laptop kita.

Untuk yang belum tahu, font adalah jenis atau gaya tulisan yang disediakan dan tampil di layar komputer. Beda font bisa jadi beda bentuk tulisan.

Secara default, komputer akan memiliki banyak sekali pilihan font yang sudah terinstall bawaan sistem operasi (a.k.a Windows / Linux).

Sebut saja yang paling terkenal di kuping kita, Times New Roman, Calibri, Arial, Cambria, Arabian, dan masih banyak lagi.

Namun meskipun demikian ada saja perasaan kuang puas dari beberapa pengguna yang menginginkan font baru atau unik yang ingin dipasang di komputernya.

Yap,, salah satu pengguna yang menginginkan font baru tersebut adalah saya,,, singkat cerita saya ingin membuat barcode dengan mudah tanpa harus menginstall software baru di komputer, maklum saja komputer saya memiliki spesifikasi kentang yang akan sangat berat jika terlalu banyak software yang terinstall.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada menggunakan software yang memang sudah ada di komputer, yakni microsoft excel.

Berikut merupakan tutorial untuk install font baru di komputer atau laptop kita :

1. Download font yang di inginkan, kebetulan kali ini saya akan menggunakan font barcode maka download fontnya bisa disini atau disini

2. Setelah berhasil download silahkan ekstrak file .zip nya



3. Double klik file yang ber-ekstensi tft dan klik install



4. Selesai, tinggal cek hasil

Begitu sederhana bukan, saya yakin pembaca blog ini akan paham semuanya dengan 4 langkah yang saya tulis diatas.

untuk hasilnya bisa lihat dibawah ini


Buat temen-temen yang masih kesusahan menerapkan tutorial kali ini, bisa hubungi saya dihalaman kontak atau tulis komentar dibawah ini, insyaAllah akan saya jawab jika memang dibutuhkan.

Satu lagi yang perlu saya sampaikan yakni tutorial ini bisa anda terapkan dengan font jenis apapun, tidak hanya terpaku untuk font barcode, jadi buat anda pembaca blog silahkan mencobanya di komputer masing-masing.

oke akhir kalimat, jangan lupa bagikan tulisan ini kepada saudara atau teman anda yang sekiranya membutuhkan informasi semacam ini.

Selamat malam.