Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee

Shopee adalah salah satu marketplace yang sangat sukses belakangan ini. Hal ini dikarenakan platform e-commerce yang satu ini kembali diminati oleh banyak masyarakat. Mudahnya berbelanja secara online membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini agar mempermudah dalam memenuhi kebutuhan. Namun, terkadang para customer juga mengalami kendala dalam melakukan transaksi berbelanja secara online.

mengajukan pengembalian barang shopee

Shopee memiliki produk garansi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengajuan apabila transaksi tidak mencapai kepuasan bagi salah satu pihak.

Salah satunya apabila barang yang diterima tidak sesuai, cacat, kurang, Anda bisa mengajukan pengembaliannya ke penjual.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan barang di Shopee.

Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee


Untuk mengajukan pengembalian barang di Shopee, jangan lupa untuk mengecek benar-benar dengan teliti apakah barang tersebut bermasalah atau tidak.

Jika benar barang yang sampai di tangan Anda tidak sesuai, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengajukan pengembalian barang terhadap pihak Shopee.

  1. Buka HP Anda dan hidupkan data internet. Pastikan Anda memiliki kuota data internet yang cukup untuk mengakses aplikasi.
  2. Buka aplikasi Shopee yang terpasang di HP Anda.



  3. Login ke akun yang Anda gunakan untuk membeli barang.
  4. Pilih ikon “Saya” yang terletak di bagian pojok kanan.



  5. Pada bagian “Pesanan saya” klik menu “Dikirim”.



  6. Cari pesanan yang akan dilakukan pengembalian dana. Klik produk tersebut.
  7. Di bagian bawah, klik “Ajukan pengembalian”. 



  8. Berikan alasan mengapa Anda mengajukan pengembalian barang tersebut.



  9. Tunggu konfirmasi dari seller apakah pengajuan pengembalian barang diterima atau tidak.
  10. Jika diterima, segera kemas kembali produk tersebut dengan rapih, jangan mengurangi satupun barang tersebut. 
  11. Lakukan negosiasi terlebih dahulu dengan penjual siapa yang akan menanggung biaya ongkos kirim.
  12. Kirim paket ke alamat yang diberikan penjual. Tunggu validasi dari pihak Shopee.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Pengembalian Barang

  1. Mengecek peraturan toko terlebih dahulu

    Beberapa seller membuat beberapa peraturan terkait sistem pengembalian barang. Pada umumnya, seller akan meminta bukti berupa video unboxing yang dilakukan oleh customer untuk memastikan apakah barang yang dikirim benar-benar memiliki kesalahan.

    Ada juga beberapa toko yang memberi peraturan bahwa mereka tidak menerima pengajuan pembelian barang dengan alasan apapun. Oleh karena itu, sebaiknya mengecek peraturan toko yang berlaku harus dilakukan.

  2. Kesalahan murni dari penjual

    Diterima atau tidaknya pengajuan pengembalian barang oleh penjual tergantung dari siapa kesalahan tersebut berasal.

    Apabila kesalahan tersebut berasal dari penjualseperti salah memberikan warna, produk cacat, ataupun masalah lainnya, maka penjual harus mau menerima pengajuan pengembalian barang dari customer.

    Ada juga penjual yang tidak mau menerima pengajuan pengembalian barang karena kesalahan ekspedisi. Hal tersebut sudah menjadi resiko dalam berbelanja online, terutama semakin banyaknya peminat dalam belanja online.

    Oleh karena itu, Anda harus benar-benar siap menerima barang tersebut apabila kesalahan terdapat pada ekspedisi.

  3. Yang ketiga, apabila kesalahan dari pembeli, maka wajar saja apabila penjual tidak menerima pengajuan pengembalian barang. Masalah ini masih berkaitan dengan poin pertama, bahwa penjual biasanya memerlukan bukti untuk menerima pengajuan pengembalian barang. Contohnya bukti video unboxing produk.
Itulah penjelasan singkat mengenai cara mengajukan pengembalian barang di Shopee. Anda bisa mengecek persyaratan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengajukan pengembalian barang terhadap penjual.

Baca juga guys: Mengatasi Shopee J&T Gagal Kirim, Pelanggan tidak ditempat