Cara Mengatasi dan Menyikapi Suspend akun Driver Gojek

Cara Mengatasi dan Menyikapi Suspend akun Driver Gojek

Cara Mengatasi dan Menyikapi Suspend akun Driver Gojek

Ojek online atau yang sering kita sebut OJOL merupakan fenomena baru yang menjamur di kehidupan bermasyarakat Indonesia. Bagaimana tidak hampir setiap hari anda akan bertemu dengan pasukan seragam hijau yang mana itu merupakan seragam kebesaran salah satu Ojek Online di Indonesia a.k.a Gojek.

Singkat cerita mengenai Gojek berdiri dibawah naungan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa berdiri pada tahun 2010 didirikan oleh seorang keturunan Indonesia lulusan Master of Business Administration Universitas Harvard Nadiem Makarim. Gojek sendiri berdiri atas inspirasi dari Nadiem dari kebiasaannya menggunakan layanan ojek untuk menembus kemacetan di tengah padatnya lalu lintas kota.

Sebagian besar waktu dari ojek pada saat itu hanya dihabiskan untuk mencari pelanggan dengan cara mangkal di suatu tempat, padahal menurut pemikiran Nadiem, tukang ojek berpeluang mendapatkan penghasilan banyak jika mendapatkan pelanggan banyak pula. Hal itulah yang mendorong Nadiem untuk mendirikan Gojek yang bertujuan menjembatani antara ojek dengan pelanggan.

9 tahun setelah berdirinya Gojek memang benar dia sudah membantu berjuta-juta rakyat Indonesia. Ada yang terbantu dari mudahnya mendapatkan sarana transportasi atau bisa kira sebut pelanggan Gojek dan ada juga terbantu dengan adanya tambahan lapangan kerja atau bisa kita sebut driver Gojek.

Namun bagaimana layaknya sebuah sistem, Gojek pun tidak selamanya bagus, dia masih bisa menimbulkan beberapa kerugian terutama pada pihak driver. Ada beberapa kasus yang memang sangat merugikan driver seperti order fiktif, pelanggan yang semena-mena, atau review jelek dari pelanggan, dan semua itu dapat berujung dengan ter-suspendnya akun driver Gojek yang bersangkutan. untuk lebih jelasnya anda bisa baca dengan lengkap penyebab akun driver Gojek bisa terkena suspend.

Gojek Suspend

Maksud supend disini adalah dimana akun driver Gojek tidak dapat menerima orderan sama sekali. Suspend sendiri ada 2 macam tergantung dari lama waktunya, ada yang suspend 7 hari (suspend sementara) ada yang tidak ada batas waktunya atau suspend permanen. Mungkin untuk driver yang menganggap Gojek adalah profesi sampingan tidak terlalu bermasalah dengan suspend ini, tapi lain halnya dengan driver yang sudah menganggap Gojek adalah profesi utama mereka, mau makan apa hari ini kalau tidak ada pemasukan?

Gojek sendiri memberikan kesempatan driver untuk mengajukan banding, driver dapat menceritakan kronologi sebenarnya terkait alasan kasus terjadinya suspend. Namun risiko untuk banding pun sangat besar, terutama bagi yang terkena hukuman suspend sementara yang mana bisa mengakibatkan akun driver menjadi suspend permanen. Untuk itu berikut ini merupakan saran yang bisa kita lakukan untuk mengatasi dan menyikapi suspend pada akun driver Gojek.

Suspend Sementara

Diam itu emas, mungkin peribahasa tersebut akan sangat bermanfaat bagi driver Gojek yang terkena hukuman suspend sementara atau suspend 7 hari. Seperti yang sudah saya jelas diatas, risiko besar akan menghampiri jika kita memutuskan untuk banding. Yang ada malah akan terkena suspend permanen, mengingat pihak Gojek sendiri seperti tutup mata dan telinga, seolah tidak mau menyalahkan sistem internal Gojek atau menyalahkan aduan dari pelanggan.

Anggap saja 7 hari tersebut sebagai hari libur nasional yang diberikan oleh Gojek. Toh bisa anda manfaatkan dengan kegiatan yang lainnya, berkumpul dengan keluarga atau sekedar jalan-jalan dengan orang yang dicintai.

Bagaimaan kalau tabungan pas-pasan? anda bisa melakukan hal produktif lain di 7 hari tersebut, jualan jajanan misalnya, atau mencoba kembali ke profesi lama sebelum menjadi driver Gojek.

Anda juga bisa mencari order offline tanpa melalui aplikasi Gojek, kalau untuk 1 ini memang anda harus memiliki relasi kuat dengan kustomer yang sebelum-sebelumnya pernah menggunakan jasa anda. Kalau tidak punya relasi gimana? gabunglah ke forum grup sesama driver gojek, tanyakan disana, apakah ada yang butuh jasa offline. Ingat, ada kemauan ada jalan.

Suspend Permanen

Silahkan banding, tapi dengan cara datang langsung ke kantor Gojek terdekat, datanglah dengan atribut lengkap dan bersepatu. Jelaskan ke mereka terkait kronologinya dengan bahasa yang sopan dan mudah dipahami dan sebisa mungkin ambil simpati mereka dengan cerita yang sedikit melas tapi jangan lebay. Untuk mendukung cerita, pastikan anda ingat deskripsi order dan jam order yang memunculkan masalah suspend tersebut (jika ingat nomor order malah lebih bagus).

membujuk Gojek

Setelah lakukan itu semua bagaimana? pasrah dan serahkan pada yang tuhan agar memberikan hasil terbaik.

Kalaupun memang akun sudah tidak dapat di selamatkan jangan bersedih dan tetap semangat dalam mencari rezeki. Masih ada pintu rezeki lain selain Gojek, yang mana mungkin masih lebih baik dari pada Gojek.

Mungkin itulah cara mengatasi dan menyikapi suspend pada akun driver Gojek, saya himbau jangan pernah percaya pada jasa membuka suspend kecuali yang menawarkan jasa adalah bapak Nadiem sendiri.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan bagikan artikel ini keteman anda yang membutuhkan informasi seperti ini.

Silahkan komentar jika anda terbantu terbantu dengan artikel ini.

Komentarlah dengan bijak. Terima kasih.