Cara Tepat Komplain J&T Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Cara Tepat Komplain J&T Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Cara Tepat Komplain J&T Berdasarkan Pengalaman Pribadi

J&T merupakan salah satu perusahaan ekpedisi pengiriman barang yang cukup dikenal di Indonesia, berdiri sejak tahun 2015 (Agustus) dibawah naungan PT Global Jet Express perlahan menjadikan J&T pemain jasa logistik yang cukup diperhitungkan. Jaringannya pun cukup luas di seluruh Indonesia, hampir di setiap kecamatan di suatu daerah terdapat konter J&T.

Komitmen untuk menjadi perusahaan ekspedisi nomor satu terlihat jelas, setiap tahunnya mereka memperluas jaringan-jaringan baru, mendirikan drop point baru dengan tujuan lebih mendekatkan diri ke suatu wilayah. Pada tahun 2017 J&T mengalokasikan dana sebesar 100 Juta USD atau sekitar 1,4 triliun rupiah untuk perluasan jaingan. Wow, dana yang cukup besar untuk sekelas perusahaan berumur 2 tahun pada saat itu.

Namun pada artikel ini saya tidak akan menulis pencapaian pencapaian membanggakan dari J&T, melainkan bagaimana cara menyampaikan komplain ke J&T dimana saat ada masalah pada pengiriman barang kita. Jangan dikira kalau barang anda di handle oleh perusahaan logistik ternama akan 100% lancar tanpa ada masalah. Kalau anda coba menyimak review di Internet banyak sekali tulisan komplain yang diajukan kepada pihak J&T terkait masalah pengiriman, komplain pun bermacam-macam. Ada status barang yang sama sekali tidak bergerak, pengiriman lebih lambat dari estimasi waktu yang seharusnya, ada juga barang belum diterima tapi status sudah dikirim seperti yang saya alami tempo waktu lalu. Bagi yang ingin membaca pengalaman komplain saya bisa disini - Paket J&T Gagal dikirim Pelanggan Tidak di tempat.


Saat mengetahui kalau ada masalah dalam pengiriman tentunya kita ingin menyampaikan aspirasi/komplain atau sekedar menanyakan kenapa bisa terjadi dan bagaimana tindakan lebih lanjut dari J&T. Nah, masalahnya bagaimana dan kemana harus menyampaikan komplain tersebut agar sampai dan mendapat tanggapan dari J&T. Jika komplain anda tidak tepat sasaran maka jangan harap dapat respon cepat terkait masalah yang anda alami. Dengan menyampaikan komplain secara tepat maka respond yang akan anda dapatkan pun cepat dan memuaskan, masalah akan segera di tindak lanjuti dan akan cepat terselesaikan.

Komplain J&T dengan Tepat

Pertama yang harus anda cari adalah kontak resmi, J&T sendiri memberikan akses bagi anda di beberapa akun media sosial atau layanan messenger lainnya, apa saja itu? anda bisa dapatkan di halaman "about us" di website resmi J&T atau berikut ini 

hotline J&T
  • WeChat ID: @JTExpressID
  • Facebook: J&T Express Indonesia
  • Instagram: @jntexpressid
  • Twitter: @jntexpressid
  • Youtube: J&T Express Indonesia
  • Line: @jtexpressid
  • Nomor telepon: 021 8066 1888
Dari 7 list diatas tidak ada yang mencantumkan alamat email jntcallcenter@jet.co.id, jadi buat anda semua jangan sampai mengirimkan pesan komplain lewat email, kalau tetap ngeyel maka siap-siaplah menanti jawaban yang tak pasti dari email J&T. Kenapa seperti itu? karena saya sendiri sudah mengalaminya, hampir setengah bulan pesan email saya tidak pernah mendapatkan balasan.

Respond J&T untuk Komplain Lambat

Jaga-jaga kalau respond J&T lambat atau kurang memuaskan bagaimana? namanya orang bekerja kan ada up dan down-nya, begitupun juga karyawan J&T sekalipun. Namun jangan kahwatir, ada 1 cara lagi untuk menghubungi J&T untuk jaga-jaga kalau 7 kontak diatas slow respond atau kurang memuaskan.

Anda bisa menghubungi kontak person drop point di daerah anda, pertama anda bisa cek resi terlebih dahulu untuk tahu sudah sampai mana barang anda, contoh dibawah ini adalah hasil dari cek resi di cekresi.com
cek resi

Nah kelihatan ditanggal 14 september barang sudah sampai di DC Safelock Sidoarjo dan tidak bergerak selama 3 hari sampai tanggal 17 september. Karena barang tidak bergerak saya mencoba untuk mendapatkan kontak yang bisa saya hubungi dari DC safelock Sidoarjo, saya cari di Google dengan kata kunci "DC Safelock Sidoarjo" dan akhirnya munculah nomor hp yang bisa saya hubungi.

Alhamdulillah barang akhirnya terkirim dan kasuspun selesai dengan terkendali.

Mungkin cara yang saya lakukan ini bisa anda tiru dan terapkan dikasus masing-masing, intinya pada jaga kesopanan saat bertanya, ingat kita juga butuh mereka jadi jangan semena-mena.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan bagikan artikel ini keteman anda yang membutuhkan informasi seperti ini.

Silahkan komentar jika anda terbantu terbantu dengan artikel ini.

Komentarlah dengan bijak. Terima kasih.