Penyebab Suspend pada Akun Gojek

Penyebab Suspend pada Akun Gojek

Penyebab Suspend pada Akun Gojek

Gojek telah terunduh lebih dari 50 juta kali di Google Play Store, hal itu menunjukan betapa banyak orang yang telah menggunakannya dan memanfaatkannya. Selain bermanfaat untuk pelanggan, Gojek juga mendatangkan berkah rezeki untuk para mitra drivernya. Simbiosis mutualisme, dimana kedua belah pihak diuntungkan dengan adanya layanan aplikasi Gojek.

Menjadi driver Gojek memang beberapa kali sering direndahkan oleh kalangan tertentu, namun dibalik itu driver Gojek merupakan salah satu profesi yang paling fleksibel dari segi waktu dan pendapatan. Contoh dari segi waktu, driver Gojek dapat memilih jam kerjanya sendiri, boleh 5 jam dalam sehari, 6 jam sehari bahkan 12 jam sehari. Kalau mau pulang kerumah ya tinggal pulang, kalau mau ngumpul di warung kopi yang tinggal ngumpul.

Kemudian dari segi pendapatan, driver Gojek sering kali mendapatkan penghasilan diatas 100 ribu per harinya, bahkan diantaranya bisa mendapatkan hampir 500 ribu untuk akun driver Goride. Tentu nominal pendapatan bergantung dari jumlah order yang didapatkan, namun mengingat banyaknya pelanggan Gojek saya rasa tidak susah mendapatkan order dari pelanggan kalau anda senantiasa menjaga performance dan mendapatkan review bagus dari pelanggan. Baca juga cara menyikapi suspend pada akun driver Gojek.

Dengan sederet keuntungan dan kemudahan tersebut, banyak orang beralih profesi menjadi driver Gojek. Ada yang menjadikannya sebagai kerja sampingan, tak sedikit juga yang menjadikan pekerjaan utama, terutama untuk bapak-bapak yang sudah tua yang tidak mungkin lagi melamar kerja ditempat lain karena batasan usia.

Namun ditengah tingginya animo masyarakat terhadap Gojek ada sedikit kendala yang menghantui para driver Gojek yakni Suspend masal. Akhir-akhir ini memang banyak akun driver yang terkena suspend, entah itu suspend sementara atau suspend permanen. Apa perbedaan suspend biasa dan suspend permanen dapat anda baca disini, perbedaan suspend sementara dan suspend permanen.
Akun driver Gojek ter suspend

Lalu apa penyebab terjadinya suspend pada akun driver? banyak faktornya dan kali ini saya akan mencoba membahasnya agar anda para driver dapat menghindari ponyebab-penyebab akun driver Gojek terkena suspend.

Fake GPS

Sering kali disebut sebagai tuyul GPS, dimana anda bisa memasang lokasi GPS ke titik yang anda inginkan tanpa harus benar-benar berada di titik tersebut. Misal sekarang anda berada di warung kopi, karena anda ingin mendapatkan order Go-food di Kaefsi maka anda memasang titik GPS palsu dekat dengan restoran Kaefsi, sehingga seolah-olah anda memang sedang berada di dekat restoran dengan harapan akan ada orderan yang nyantol ke akun driver anda.

Bisa dikatakan ini adalah aksi curang, yang mana dapat merugikan pelanggan atau merugikan sesama driver sendiri. Merugikan pelanggan karena waktu perjalanan akan lebih lama, karena posisi aktual berada di warung kopi, namun yang muncul di aplikasi dekat dengan restoran Kaefsi. Dari sisi driver Gojek lain, anda juga mencederai semangat driver lain yang sudah bekerja dengan sungguh-sungguh dan jujur.

Order Angin Modus Cashback

Disengaja atau tidak, order angin modus cashback ini berpeluang untuk mendatangkan sangsi suspend untuk akun driver Gojek. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Gojek telah bekerja sama dengan Tokopedia dan Bukalapak, hal ini sering dimanfaatkan oleh pemilik toko di 2 marketplace tersebut dengan modus mencari cashback. Jadi mereka menggunakan akun bodong seolah-olah order barang di toko online mereka sendiri dan menggunakan jasa pengiriman Gojek, namun barang yang bersangkutan tidak benar-benar dikirim atau driver hanya membawa barang berupa angin.

Secanggih apapun anda sebagai driver untuk mengakali sistemn Gojek pasti akan ketahuan. Beberapa orang memang akan mencoba untuk menjalankan order angin tersebut dengan mengikuti rute sesuai alamat tujuan seolah-olah memang benar sedang mengantar barang. Namun tak jarang pula yang mencari aman dan langsung menolak order angin karena masih sayang dengan akun drivernya, takut kena suspend.

Laporan Buruk dari Pelanggan

Pembeli adalah raja, mungkin peribahasa tersebut sangat dipegang teguh oleh pihak Gojek. Dimana sedikit saja pelanggan mengirimkan komplain kepada call center Gojek maka siap-siaplah driver tersebut mendapatkan notifikasi suspend. Tidak peduli pelanggan salah atau benar, besar kemungkinan driver akan menerima sanksi suspend.

Bagaimana cara mengatasinya? driver harus mencegah agar jangan sampai pelanggan mengadu ke pihak Gojek dengan cara memberikan pelayan yang baik, sopan, santun, dan senantiasa sabar dalam menghadapi cobaan. Kalau sudah melakukan itu semua dan masih mendapatkan komplain itu artinya pelanggan anda yang kurang tau berterima kasih, satu-satunya jalan adalah dengan menjelaskan kronologi ke kantor Gojek dengan bahasa yang baik dan mudah dipahami.
Larangan Gojek


Penyebab Lainnya

Selain 3 penyebab diatas masih banyak lagi penyebabnya, kurang lebih berikut ini daftar penyebab akun driver Gojek terkena suspend:

  1. Terlalu banyak mengerjakan order jarak terlalu jauh
  2. Order diselesaikan terlalu cepat dan berulang-ulang kali
  3. Order memiliki jarak yang tidak wajar
  4. Terlalu banyak menyelesaikan order dari pelanggan yang sama
  5. Nomor ponsel driver sama dengan nomor pelanggan
  6. Menyelesaikan order dari pelanggan yang mencurigakan
  7. Driver telalu banyak melakukan pembatalan order
  8. Terjadi transaksi yang mencurigakan di layanan GoFood, GoSend, dan GoShop.


Jadi hal-hal itulah yang berpotensi mendatangkan sanksi suspend pada akun driver anda. Saya harap anda dapat menghindari apa-apa saja yang sudah tertulis diatas, dan tetap bekerja dengan sungguh-sungguh dan jujur. Kalau sudah terlanjur supend bagaimana mas? coba baca cara ini untuk mengatasi suspend. Saya doakan akun driver anda awet sehingga bisa mendatangkan rezeki yang melimpah bagi anda dan keluarga kecil anda. Aamiiin!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan bagikan artikel ini keteman anda yang membutuhkan informasi seperti ini.

Silahkan komentar jika anda terbantu terbantu dengan artikel ini.

Komentarlah dengan bijak. Terima kasih.