Cara Daftarkan Blog ke Google Webmaster Lengkap Bergambar

Google Webmaster adalah salah satu fasilitas dari Google agar situs atau blog kalian dapat terdeteksi atau muncul di halaman pencarian Google.

Dengan Webmaster anda juga dapat mengetahui adanya error di website anda dan langkah apa yang bisa anda lakukan untuk memperbaikinya.

Dengan webmaster kita dapat mengetahui querry atau kata pencarian yang ada dalam blog kita, kita dapat menganalisa querry / keyword apa saja yang paling banyak digunakan oleh pengunjung blog kita.

Sebenarnya saat kita memiliki blog atau situs kita tidak diwajibkan untuk mendaftar di webmaster, toh nanti juga akan tetap ke indeks di halaman pencarian Google, tapi jika anda memutuskan untuk tidak mendaftar, proses indeks dari Google juga akan relatif lebih lama.

Itu lah salah satu keuntungan mendaftarkan situs atau blog kita ke webmaster, artikel atau konten blog kita akan cepat terindeks di halaman pencarian Google hanya hitungan hari bahkan jam.

Jika anda tertarik untuk mendaftarkan blog anda ke webmaster, simak langkah dibawah ini cara daftarkan blog ke Google Webmaster dilengkapi dengan gambar.

1. Pertama anda harus login terlebih dahulu ke akun Google anda, jika belum punya bisa daftar akun Google terlebih dahulu

2. Pertama anda harus mengunjungi halaman pendaftaran Google Webmasters

3. Anda akan masuk di halaman utama seperti gambar dibawah, selanjutnya klik Add Property



4. Masukan alamat blog anda


Ingat anda harus memasukan alamat website dengan lengkap, apakah menggunakan https atau http, apakah ada www atau non www

5. Kemudian klik Add

6. Jika anda menggunakan platform blogger, maka anda akan langsung masuk ke pengaturan utama webmaster tools sesuai blog yang anda masukan di langkah ke 4

7. Selanjutnya adalah tambahkan Sitemap agar artikel anda dikenali oleh Google dengan cepat

8. Dibagian kiri layar, klik tanpa panah kebawah di samping Crawl


9. Klik Sitemaps

10. Kemudian klik Add/Test Sitemap


11. dan isikan sitemap.xml


Jika anda menggunakan platform blogger, cukup isikan sitemap.xml, tidak perlu menggunakan yang lain untuk menghindari kebingungan Google saat merayapi blog anda

12. Klik Submit

13. Kemudian refresh browser 

14. Nah gambar dibawah ini merupakan tampilan sitemap yang sukses ditambahkan. Angka 1 pada kolom Submitted menandakan bahwa jumlah artikel kita yang berhasil di submit.


Sekian tutorial Cara Daftarkan Blog ke Google Webmaster Lengkap Bergambar dan jangan lupa untuk berlanggana jika ingin mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.