"hari apa saja JNE buka?" YUK Bahas Hari dan Jam Operasional JNE

JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) adalah salah satu perusahaan yang bergerak di jasa pengiriman terkemuka di Indonesia. Bagi yang belum tahu, JNE sudah berumur lumayan tua yakni 29 tahun atau sudah berdiri sejak tahun 1990.

Pada awal berdirinya JNE, dia merupakan salah satu divisi yang ada di TIKI yang berfokus untuk ekspedisi internasional. Namun karena JNE juga sukses di pasar domestik yang notabennya pasar dari TIKI, maka JNE memutuskan untuk memisahkan diri dari TIKI baik dari sisi struktur organisasi dan manajemennya.

Pada 10 tahun terakhir ini JNE semakin berkembang seiring dengan maraknya perdagangan online, dimana banyak marketplace yang bekerja sama dengan JNE sebagai jasa pengiriman mereka.
Bukan karena apa-apa, banyaknya konsumen yang menggunakan JNE karena kelebihan di kecepatan pengirimannya dan biayanya yang murah.

Namun seperti yang lainnya, tiada gading yang tak retak, sebagus apapun sistem yang ada di internal JNE pasti masih ada sesuatu yang kurang baik dan berpotensi untuk menurunkan kresibilitas dari JNE itu sendiri.

Salah satunya adalah kejelasan dari hari dan jam operasional JNE? Hari apa saja JNE mengirim barang? Kapan JNE libur kirim barang? Setidaknya pertanyaan pertanyaan itulah sering sering terpikirkan oleh beberapa pengguna JNE termasuk saya.

Bingung Hari & Jam Operasional JNE

Kenapa kita butuh jawaban dari pertanyaan tersebut? Tidak lain dan tidak bukan karena informasi itu yang akan membantu kita membuat estimasi waktu yang dibutuhkan dalam pengiriman suatu barang, dan tentu saja akan membantu kita dalam menentukan paket pengiriman apa yang harus kita ambil jika memang ada target waktu yang harus dipenuhi.

Oleh karena itu saya akan mencoba untuk memberikan informasi terkait hari dan jam operasional di lingkungan perusahaan JNE.

Informasi Jam Operasional JNE Secara Global

Perlu saya perjelas bahwa hari dan jam operasional JNE akan berbeda disetiap tingkatan kantornya. Jam operasional kantor cabang akan berbeda  dengan jam operasional di tingkat agen.

Kantor cabang JNE biasanya hanya ada 1 di suatu wilayah tingkat kabupaten, sedangkan untuk tingkat agen biasanya ada di setiap kecamatan minimal 1 atau bahkan ada yang 2.

Selain jam operasional tingkat kantor dan agen, terdapat perbedaan juga di jenis paket yang anda ambil. JNE paket Reguler akan berbeda jam operasionalnya dengan JNE paket YES, begitupun dengan yang lainnya, tentunya  itu dipengaruhi dengan tingkat ongkosnya, semakin tinggi ongkosnya maka jam operasionalnya semakin tinggi. Untuk lebih lengkapnya berikut ringkasan yang bisa saya berikan.

Jam Operasional JNE di Kantor Cabang VS Unit Kerja (Agen/Subagen/Gerai/Dsb)

Kantor cabang disini ibaratkan perwakilan dari kantor pusat JNE, biasanya hanya ada 1 di setiap wilayah kabupaten/kota dan terletak di pusat wilayah kabupaten/kota tersebut. Berikut jam operasionalnya:
- Senin sampai Jumat = 08.00 – 19.30
- Sabtu = 08.00 – 15.00
- Minggu = 08.00 – 14.00

Sedangkan untuk unit kerja seperti agen atau gerai merupakan tempat yang biasa anda mengirim barang, biasanya kantornya relatif lebih kecil dan ada di setiap kecamatan. Berikut jam operasionalnya:
- Senin sampai Jumat = 08.00 – 17.00

Di hari sabtu anda akan tetap dilayani, tetapi tetap barang baru akan diproses di hari senin.

Jam Operasional JNE Berdasarkan Paket Pengiriman

Paket Reguler (REG), melayani seluruh wilayah Indonesia dengan estimasi waktu pengiriman 1 hingga 7 hari kerja tergantung dari asak dan tujuan pengirimannya. Berikut jam operasionalnya :
- Senin sampai Jumat = 08.30 – 17.00
- Sabtu = 08.30 – 13.00

Paket reguler tidak melakukan pengiriman di hari minggu atau diluar jam kerja diatas.

Paket OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), seperti namanya paket ini lebih murah dari paket reguler, tidak memproses pengiriman di hari ssabtu dan minggu. Berikut jam operasionalnya :
- Senin sampai Jumat = 08.30 – 17.00

Paket YES (Yakin Esok Sampai), paket ini memberikan garansi bahwa paket akan terkirim di esok hari setelah kita setor barang ke JNE. Berikut jam operasionalnya :
- Senin sampai Minggu = 08.00 – 23.59

Paket SS (Super Speed), waktu pengiriman disini sudah disepakati dengan maksimal rentang waktu 24 jam. Paket ini hanya bisa melayani di wilayah tertentu dengan bantuan pengiriman darat atau udara jika diperlukan. Jam operasionalnya seperti berikut ini :
- Senin sampai Minggu = 08.00 – 23.59

Dengan rincian jam operasional diatas saya harapkan anda bisa membuat estimasi pengiriman anda sendiri meskipun biasanya sudah diberikan estimasi waktu dari JNE. Kenapa? Karena untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk dan anda juga bisa menentukan paket mana yang bisa anda pilih dengan target waktu yang telah ditetapkan.